logo rilis

Miris, Lampung Masih Miliki 749 Desa Blankspot dan 431 Desa Tak Ada Sinyal Telepon
berita
ILUSTRASI: ist
RILIS.ID, Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung sedang mengupayakan 749 desa yang belum terjangkau oleh infrastruktur telekomunikasi atau yang biasa dikenal dengan blank spot agar terlayani jaringan internet.

“Berdasarkan data yang telah kita kumpulkan, dari 2.435 desa yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Lampung ada 749 desa yang masih blank spot,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Lampung, Zaidirina, seperti dilansir dari Antara, Selasa (23/2/2021).

Ia mengatakan pemerintah tengah mengupayakan untuk bekerjasama dengan sejumlah operator penyedia layanan telekomunikasi, untuk membuat tower di sejumlah desa yang masih tidak terjangkau internet.

“Di Lampung secara geografis memang kita sulit, namun kita tengah mencarikan solusi agar 749 desa dapat terjangkau internet. Sebab dengan internet pembangunan ekonomi dan pariwisata dapat lebih bergeliat,” tambahnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat telah ditargetkan untuk sejumlah operator penyedia layanan telekomunikasi dapat memaparkan perhitungan pembangunan jaringan internet di area blank spot.

“Provider sedang kita minta memperhitungkan pembiayaan secepat mungkin,” katanya.

Ia menjelaskan selain ada 749 desa yang terkendala jaringan internet, adapula desa yang belum terjangkau sinyal telepon genggam sebanyak 431 desa.

Berdasarkan data tercatat di Kabupaten Tulangbawang Barat ada 25 desa yang belum terjangkau internet, Lampung Tengah 55 desa, Pesisir Barat 73 desa, serta Tanggamus 34 desa.

Lalu Lampung Selatan 55 desa, Waykanan 85 desa, Lampung Barat 36 desa, Lampung Timur 82 desa, Pringsewu 22 desa, Mesuji 33 desa, Pesawaran 42 desa, Lampung Utara 133 desa, dan Tulangbawang 74 desa. (*)



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik




Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari