logo rilis

Duh, Ratusan Warga Pringsewu Abaikan Protokol Kesehatan
berita
Ratusan warga pemohon BPUM abaikan protokol kesehatan. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Yuda
RILIS.ID, Pringsewu – Ratusan warga Kabupaten Pringsewu berbondong-bondong mengajukan permohonan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini membidik BPUM senilai Rp2,4 juta.

Mereka mendatangi Kantor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) di kompleks perkantoran pemkab setempat, Kamis (10/9/2020).

Pantauan media ini, meskipun Diskoperindag sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 untuk jaga jarak, namun masih saja ada pemohon yang abai dan tetap berkerumun.

Sekretaris Diskoperindag Pringsewu, Supriyanto, mewakili Kepala Diskoperindag, Masykur Hasan, mengatakan target program BPUM secara nasional adalah 12 juta pelaku UMKM.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 06 tahun 2020. Isinya, tentang pedoman umum penyaluran bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro.

Tujuannya, untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional serta penyelamatan ekonomi nasional pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19.

BPUM diberikan kepada pelaku usaha mikro dengan tujuan menjaga kelangsungan usaha mereka di tengah pandemi. Ini juga berkaitan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

”Bantuan yang diberikan pemerintah pusat ini langsung masuk rekening penerima pelaku UMKM," ungkap Supri. 

Menurut dia, permohonan pendaftaran BPUM dibuka sejak tanggal 31 Agustus sampai 9 September 2020. Persyaratannya cukup KTP, KK, Surat Keterangan Usaha (SKU), nomor handphone, surat pernyataan omzet.

Data pelaku UMKM yang sudah terinput melalui Diskoperindag Pringsewu sampai Kamis ini  berjumlah 1.961 pelaku UMKM.

"Sifat kita hanya menfasilitasi, menginput berkas untuk diusulkan. Pusat yang nanti menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan,” paparnya. (*)

EDITOR: gueade



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari