logo rilis

Beli 20 Ribu Sembako Senilai Rp300 Ribu, Pemkab Mesuji Habiskan Rp6,3 Miliar
berita
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo
RILIS.ID, Mesuji – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menghabiskan anggaran sebesar Rp6,3 miliar untuk membeli 20 ribu paket sembako.

Pengadaan 20 ribu paket sembako yang melibatkan pihak ketiga ini tidak melalui mekanisme lelang, melainkan penunjukan langsung.

Kepala Dinas Sosial Mesuji Gunarso mengungkapkan pengadaan paket sembako dilakukan oleh CV Mesuji Pribumi.

“Ya, karena kondisi seperti ini, darurat, kita penunjukan langsung pihak ketiganya, sesuai dengan pedoman SE LKPP 03/2020 tentang pengadaan barang jasa dalam rangka penanganan Covid-19,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Diketahui, Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menerbitkan surat edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penjelasan atas Pelaksanaan Barang/Jasa Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di bagian E poin 3.a SE LKPP menyebutkan bahwa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menunjuk penyedia yang sudah pernah menyediakan barang sejenis pada instansi pemerintah atau sebagai penyedia yang memiliki katalog elektronik (e-katalog).

Selain itu, penyedia barang/jasa wajib menyediakan bukti kewajaran harga barang.

Disinggung terkait hal itu, Gunarso memastikan bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap CV Mesuji Pribumi.

“Itu hasil verifikasi kita, (CV Mesuji Pribumi) perusahaan itu yang paling layak menjadi penyedia barangnya,” klaimnya.

Gunarso pun mengajak semua pihak untuk mengawasi penyaluran 20 ribu paket sembako yang dilakukan dua tahap itu agar tepat sasaran.

“Hari ini, penyaluran 10 ribu paket sembako dilakukan serentak di seluruh desa. Nanti bulan depan, tahap dua dengan jumlah yang sama,” tuturnya.

Menurutnya, syarat penerima bantuan adalah warga yang layak menerima bantuan dan belum tercover dari program bantuan yang sudah diluncurkan sebelumnya, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai, Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai dan Kartu Prakerja.

“Jadi bantuan ini menyisir orang-orang yang layak menerima bantuan, tapi belum terjaring dari program sebelumnya,” tuturnya.

Paket sembako senilai Rp300.000/paket ini berupa beras 10 kg, telur 30 butir, terigu 1 kg, gula 1 kg, 6 kaleng ikan sarden, 1 dus mi instan, dan 1 kg minyak goreng. (*)

EDITOR: Segan Simanjuntak



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari