logo rilis

MLB PKB hanya Soal Waktu, 4 DPW Gaet Dukungan Provinsi Lain
berita
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Kalbi Rikardo
RILIS.ID, Bandarlampung – Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB, agaknya, hanya soal waktu. Kader PKB di empat provinsi terus bergerilya mencari dukungan dari daerah lain agar MLB terlaksana.

Desakan MLB PKB ini tak main-main. Targetnya adalah untuk menggulingkan kepemimpinan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Pasalnya di bawah kepemimpinan Cak imin, PKB dinilai hancur pelan-pelan. Pemicunya adalah Musyawarah Cabang (Muscab) PKB serentak di Indonesia yang diduga melanggar AD/ART partai tersebut.

Kader pro-MLB khawatir jika hal ini dibiarkan akan memengaruhi suara partai itu di Pemilu 2024 (baca: Tubuh PKB Memanas, Selain Nunik Muncul Desakan Ganti Cak Imin).

Kader empat provinsi yang pro-MLB ini berasal dari Provinsi Lampung, Banten, Daerah Istimewa Yogjakarta, dan Jawa Tengah. Ditambah utusan dari Solo.

Mereka sebelumnya menggelar konsolidasi tertutup di Lampung untuk membahas langkah-langkah MLB. Juga, meminta doa dari kiai PKB agar partai selamat (baca: Aroma MLB PKB Menguat, Kader Diam-Diam Kumpul di Lampung).

Mantan Ketua DPC PKB Bandarlampung, Juanda, mengaku dirinya telah menjalin komunikasi dengan berbagai kader PKB di seluruh Indonesia.

Khusus di Lampung, banyak kader DPC yang tak puas dengan Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik atas pelaksanaan Muscab. 

Banyak pucuk pimpinan DPC PKB yang tiba-tiba dicopot sesaat sebelum Muscab, seperti di Bandarlampung dan Pesawaran.

”Ini melanggar AD/ART. Teman-teman menghendaki Nunik dipecat karena tidak lagi mengindahkan aturan partai,” kata Juanda saat dikonfirmasi, Selasa (30/3/2021). 

Berdasarkan informasi yang diterima masih ada Muscab serentak yang belum digelar. Misalnya di DPC PKB di Medan, Sumatera Utara.

”Penundaan sengaja dilakukan DPP PKB untuk mencegah konflik semakin meluas,” ungkap Juanda. 

Hingga berita diturunkan, Ketua DPW PKB Lampung Nunik belum dapat dikonfirmasi terkait konflik ini. 

Nomor Nunik yang juga wakil gubernur Lampung dalam keadaan tidak aktif. Pesan singkat wartawan media ini juga tak dibalas. (*)

EDITOR: gueade



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari