logo rilis

Kontak dengan Pasien 01, 14 Warga Tanggamus Dinyatakan Negatif Corona
berita
Gugus Tugas Tangamus saat melakukan konferensi pers, Rabu (27/5/2020). FOTO: IST
RILIS.ID, Tanggamus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien 01 asal Pulau Panggung.

Selain melakukan penelusuran, Gugus Tugas Tanggamus juga mengambil sampel swab 14 warga yang kontak erat dengan pasien 01, yang meninggal dunia pada 10 Mei lalu.

Baca: Unik! Setelah Meninggal, Baru Diketahui Positif Covid-19

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Provinsi Lampung Nomor 800/5 8/V/ 7/15 2020 tanggal 26 Mei dinyatakan bahwa 13 warga Kecamatan Pulau Panggung dan satu warga Kotaagung dinyatakan negatif," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus Dewi Handajani, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya, hasil swab pegawai PT Pelindo/Pelabuhan Kapal Teluk Semaka juga dinyatakan negatif corona. Pihaknya juga telah melakukan rapid test terhadap 25 orang dan hasilnya non-reaktif atau negatif.

“Alhamdulillah semuanya dinyatakan negatif, termasuk juga dengan salah satu pegawai Pelindo beberapa lalu dinyatakan dari hasil pemeriksaan rapid test yaitu reaktif, tapi alhamdulillah hasilnya pun dinyatakan negatif," ujarnya.

Dewi mengimbau masyarakat untuk tenang dalam menyikapi adanya kejadian tersebut dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah, selalu menjaga jarak, menghindari keramaian atau kerumunan, selalu mencuci tangan dengan sabun.

“Apabila masyarakat merasa ada gejala-gejala seperti batuk dan sesak napas agar segera menghubungi aparat setempat atau tim gugus tugas pokok dan petugas kesehatan untuk dilakukan penelusuran dan monitoring status kesehatannya," imbuhnya.

Ia juga mengajak masyarakat Tanggamus untuk memberikan dukungan terhadap keluarga yang terkonfirmasi atau terindikasi Covi-19.

“Jangan mengucilkan, tetaplah bersikap humanis dan jangan menghindari mereka secara berlebihan. Selain itu, saya meminta kepada jajaran gugus tugas tingkat kecamatan agar membantu," pungkas Dewi. (*)

EDITOR: Segan Simanjuntak



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari