logo rilis

Jumlah Pasangan Menikah di Waykanan Menurun
berita
Kepala KUA Kecamatan Blambanganumpu, Herman Fahri. Foto: Rilis Lampung/Yulianto
RILIS.ID, Waykanan – Jumlah pasangan yang menikah di Waykanan di masa pandemi Covid-19, mengalami penurunan.

Menurut catatan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Blambanganumpu, penurunan tersebut mencapai 50 persen,

Kepala KUA kecamatan setempat, Herman Fahri menerangkan, sejak pandemi Covid-19 pada Maret 2020, diinstruksikan untuk work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

“Tetapi kami masih melaksanakan pernikahan yang sudah terlanjur mendaftar, namun kami tidak menerima pendaftaran pernikahan yang baru, jelas langsung terjadi penurunanan sampai dengan 80% pada waktu itu,” jelasnya, Kamis (9/7/2020). 

Pada April dan Mei, catatan pernikahan nihil, karena memang ada larangan untuk menikahkan demi menjaga keselamatan bersama.

Pada Juni sampai dengan hari ini kami sudah diperbolehkan kembali untuk menikahkan tentu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Masih menurut Herman, namun karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat, setiap mengadakan pernikahan jelas tidak luput dari pesta, sebagai ungkapan kebahagiaan, karena momen yang sangat jarang. 

Sedangkan di masa pandemi ini, tidak diizinkan oleh pemerintah, untuk menggelar resepsi yang dapat menimbulkan berkrumun nya banyak orang, demi menjaga keselamatan bersama, untuk itu banyak yang memilih menunda pernikahan.

Meski di Waykanan zona hijau dan sudah boleh menggelar acara resepsi pernikahan di rumah atau di gedung, namun tetap menerapkan protokol kesehatan, belum ada tanda tanda kenaikan jumlah pernikahan. (*)

 

EDITOR: Adi Pranoto



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari