logo rilis

Jadi Universitas Terbaik di Lampung, UTI Ditunjuk sebagai Pendamping Program SMK PK
berita
FOTO: ist
RILIS.ID, Bandarlampung – Sebagai universitas terbaik di Lampung,
Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) mendapat kepercayaan sebagai pendamping program SMK Pusat Keunggulan (PK).

Penunjukkan tersebut dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pendampingan program SMK PK di Lampung.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad menjelaskan, pendampingan program SMK Pusat Keunggulan oleh perguruan tinggi merupakan program dari Kemendikbud.

"Tujuan pendampingan pusat keunggulan yaitu melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan program SMK PK," kata Mahathir dalam keterangannya, Selasa (9/3/2021).

Di antaranya menganalisa kekuatan dan kelemahan serta mengembangkan potensi yang ada di SMK.
"Kemudian membantu SMK dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efesien," jelasnya.

Tujuan lainnya, menurut Mahathir, tugas perguruan tinggi pendampingan SMK PK yaitu mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dan dampak output, outcome, impact yang diinginkan.

Lalu melakukan program oversight atau rencana pengadaan peralatan, rencana pelatihan guru dan kepala sekolah, serta pembelajaran. Terakhir, memonitoring capaian pembelajaran dan aspek link and match di sekolah.

"UTI sebagai perguruan tinggi yang telah mendapatkan kepercayaan dari Dirjen Pendidikan Vokasi nantinya akan membentuk tim yang akan mendampingi SMK PK yang terdiri dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan," paparnya.

Untuk menjadi pendamping SMK PK,  Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud menetapkan lima kriteria bagi perguruan tinggi, yaitu perguruan tinggi akreditasi B/baik sekali; rekam jejak bermitra dengan dudi minimal 5 ruang lingkup link and match.

Memiliki prodi atau jurusan yang selaras dengan kompetensi keahlian yang berkembang di SMK; perguruan tinggi menentukan jumlah total kuota yang akan didampingi; dan prioritas bagi institusi yang pernah mendampingi atau membina SMK. (*)

EDITOR: Segan Simanjuntak



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari