logo rilis

BMKG: Lampung Masuk Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Taifun Pada 18-22 April
berita
Ilustrasi/Kalbi Rikardo
RILIS.ID, Jakarta – Provinsi Lampung masuk dalam salah satu wilayah yang harus waspada terhadap cuaca esktrem akibat siklon tropis Surigae yang meningkat menjadi Taifun.

Hal itu diungkapkan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, dilansir dari okezone.com, Minggu (18/4/2021).

“Dengan adanya peningkatan itu, BMKG meminta sejumlah wilayah waspada cuaca ekstrem pada tanggal 18 dan 19 Aril 2021,” ungkap Dwikorita Karnawati dalam siaran persnya.

Dwikorita mengatakan, cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat petir bisa terjadi hujan es. Serta dampak yang mungkin ditimbulkan antara lain banjir, tanah longsor, banjir bandang dan angin kencang, ataupun pohon tumbang.

Selain Lampung, pada 18-19 April 2021, wilayah lain yang juga waspada yakni Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Kemudian tanggal 20-22 April, wilayah yang harus waspada diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten Jawa Tengah.

“Kemudian juga Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Maluku Utara dan Papua Barat. Jadi cukup luas dampak cuaca ini,” pungkas Dwikorita. (*)

EDITOR: Andry Kurniawan



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari