logo rilis

Polisi Jadwalkan Gelar Perkara Dugaan Malapraktik di RS Asy-Syifa
berita
RS Asy-Syifa Medika, Kabupaten Tulangbawang Barat. FOTO: IST
RILIS.ID, Tulangbawang Barat – Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulangbawang akan melakukan gelar perkara terkait kasus dugaan malapraktik di RS Asy-Syifa Medika, Kabupaten Tulangbawang Barat.

Kanit Tindak Pidana Tertentu Satreskrim Polres Tulangbawang Ipda Jefry Syaifullah mengatakan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Pada dasarnya tim penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya,” katanya, Kamis (11/7/2019).

Jefry juga akan menjadwalkan klarifikasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Termasuk memanggil pihak rumah sakit.

Sejauh ini, lanjut Jefry, tidak ada kendala dalam penanganan kasus tersebut. Namun, ia belum dapat memastikan jadwal gelar perkara.

“Kalau kendala enggak ada. Tapi kalau waktu gelar perkara secepatnya," ujarnya.

Sementara Ketua Forum Komunikasi Pemuda Mandiri Tulangbawang Barat ( FKPMTBB ) Agus Tomi mempertanyakan proses tindak lanjut kasus dugaan malapraktik di RS Asy-Syifa Medika terhadap Septina (25), warga Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“Kasus hukumnya harus jelas. Sebab tindakan pembedahan atau operasi yang dilakukan dokter merupakan tindakan medis yang beresiko tinggi, karena di dalam tindakan pembedahan atau operasi oleh dokter selalu menimbulkan luka atau kerusakan pada jaringan tubuh pasien. Artinya apa, kalau perbuatan melukai tubuh seseorang ini tidak diperintah oleh undang-undang, maka perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana penganiayaan," jelasnya.

Senada diharapkan Ketua PWI Tulangbawang Barat Edi Zurkarnain. Dia meminta polisi tranparan dan terbuka terkait pengungkapan kasus tersebut.

“Kemarin ada pemeriksaan dokter dan bidan dari puskesmas, serta saksi korban. Pemeriksaan manajemen dan dokter RS Asy-Syifa kapan?," tanyanya. (*)

EDITOR: Segan Simanjuntak



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari