logo rilis

Penyelundupan Sabu 36 Kg, Ganja 80 Kg dan 2.500 Ekstasi di Gagalkan Polisi

Satuan Reserse dan Narkoba (Satresnarkoba) Polres Lampung Selatan (Lamsel) berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 36 kilogram, ganja 80 kilogram, dan 2.500 butir ekstasi.

Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar dalam konferensi pers di Mapolres setempat, Sabtu (31/10/2020), mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil pengungkapan selama bulan Oktober.

Dari hasil ungkap kasus tersebut, petugas mengamankan 15 tersangka di Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni, Lamsel.

"(Tersangka) Semua didapat di Seaport Interdiction pada saat tersangka akan menyelundupkan ke Pulau Jawa,” kata Zaky kepada awak media.

Baca: Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu 36 Kg, Ganja 80 Kg dan 2.500 Ekstasi

Modus operandinya, lanjut Zaky, dilakukan bermacam-macam. Ada yang menggunakan mobil pribadi hingga bus AKAP (antar kota antar provinsi).

“Ada juga yang diselendupkan melalui paket logistik atau ekspedisi," ujarnya.

Meski tidak satu kelompok, Zaky menyatakan para tersangka yang diringkus berasal dari Pekanbaru. Pihaknya akan menjerat tersangka dengan Pasal 111 ayat (2) dan 112 ayat (2), Pasal 114 ayat (2), Pasal 115 ayat (2), Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dengan ancaman pidana paling singkat lima tahun, paling lama 20 tahun atau seumur hidup dan bisa hukuman mati. "Pasal beragam, tapi ancaman pidana tidak ada yang kurang dari 5 tahun, dan maksimal hukuman mati," pungkas Zaky. (*)

Laporan: Julian dan Ahmad Kurdy RILISID TV Lampung Selatan


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik

Terkini

icon
Dapatkan berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com