logo rilis

Kemenhub Gelar Bersih-bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jelang HUT RI

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar "Gerakan Nasional Aksi Bersih-bersih Perlengkapan Lalulintas (Sipantas) di jalan yang diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan pada, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan ini juga dilakukan di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Tugu Radin Inten II Bunderan Hajimena Kabupaten Lampung Selatan hingga Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah dengan melibatkan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD), Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung, Dishub Kabupaten/Kota, Jasa Raharja, dan Polda Lampung.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung, Bambang Subonggo mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan positif terutama dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019.

Aksi ini serentak dilakukan se-Indonesia yang ditandai dipusatkan di Provinsi Jawa Barat Kabupaten Bogor. Gerakan Nasional Sipantas Jalan juga dilakukan serentak di 15 kabupaten/ kota Provinsi Lampung dalam upaya membersihkan rambu-rambu lalu lintas di pinggir jalan.

"Bersih-bersih ini juga bisa mengurangi keselamatan berlalu lintas bagi pengendara. Sejauh ini rambu-rambu dijalan sangat kotor oleh debu atau tertutup oleh pohon, serta perlengkapan atribut lainnya seperti Traffic Light, dan lainnya, " ujar kepada awak media usai menggelar aksi bersih-bersih di Tugu Radin Inten II Bunderan Hajimena, Selasa (13/8/2019).

Untuk itu, Bambang mengatakan kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan melibatkan seluruh Dishub Kabupaten/Kota. "Kita ingin rambu-rambu lalu lintas bisa terlihat dengan jelas dan jangan sampai tertutup oleh pohon yang sangat menganggu keamanan pengendara, " terangnya

Sementara itu, Kepala BPTD Wilayah IV Bengkulu-Lampung, Rahman Sujana menambahkan bahwa aksi bersih-bersih Nasional perlengkapan jalan ini bersifat kemanusiaan untuk keselamatan pengguna jalan yang melibatkan instansi terkait.

"Artinya keselamatan adalah nomor satu bagi masyarakat Lampung. Insyaallah kegiatan ini akan berlanjut hingga terus menerus terjadwal kan, " kata dia

Kemudian, lanjut dia kegiatan ini dilakukan mulai dari Tugu Radin Inten II hingga Terbanggi Besar dengan target membersihkan perlengkapan jalan sebanyak 240 rambu yang telah mempersiapkan beberapa alat pembersih.

Kita ketahui perlengkapan jalan masih banyak butuh perhatian akibat debu dan pohon. Jadi diharapkan kedepannya perlengkapan jalan bisa terlihat dengan baik, " ungkapnya

Ditlantas Polda Lampung Kasijemen Opsrek Kompol Sakimin sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan ini sangat efektif sekali untuk mencegah jumlah kecelakaan di jalan Nasional maupun jalan Provinsi Lampung.

Untuk itu menyambut datangnya hari kemerdekaan RI kegiatan ini sangat positif sekali dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, " singkat dia

Terpisah, Kepala Jasa Raharja Lampung, Suratno juga berpendapat sama sangat mendukung sekali adanya kegiatan ini. Sebenarnya untuk mengurangi angka kecelakaan dan keselamatan berlalulintas bagi kendaraan di jalan.

"Iya salah satunya kegiatan ini dalam upaya membersihkan rambu-rambu perlengkapan jalan di seluruh jalan nasional maupun jalan Provinsi Lampung yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, " tutur dia. (*)


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik

Terkini

icon
Dapatkan berita terkini setiap hari