logo rilis

Dongkrak PAD, Pemkot Metro Sewakan 17 Bidang Tanah
berita
Wakil Wali Kota Metro Djohan menandatangani perjanjian kerja sama dengan masyarakat terkait sewa tanah di aula BPKAD setempat, Kamis (11/7/2019). FOTO: IST
RILIS.ID, Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyewakan 17 bidang tanah dengan luas lahan 58.500 meter persegi kepada masyarakat setempat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro M. Supriadi mengatakan, perjanjian sewa tanah ini menindaklanjuti hasil temuan BPK dari tahun 2015 sampai 2018 yang menyebutkan bahwa seluruh aset tanah milik pemkot belum ada perjanjian.

Menurut dia, jumlah aset tanah milik Pemerintah Kota Metro yang berpotensi dan bisa dimanfaatkan berjumlah lima unit bangunan dan 71 bidang tanah dengan luas total 688 meter persegi.

“Sementara pada hari ini kita akan menandatangani perjanjian untuk 17 bidang tanah,” kata Supriadi, Kamis (11/7/2019).

Dia menjelaskan, dari jumlah 17 bidang tanah tersebut, terdapat 21 penyewa.

“Menurut perjanjian, selama untuk kontribusi sewa satu tahun sejumlah Rp11.991.000, dan bisa melalui sistem pembayaran di awal dan setelah panen,” tuturnya.

Sementara Wakil Wali Kota Metro Djohan meminta agar aset tanah milik pemerintah jangan sampai ada yang terbengkalai.

“Dari sekian jumlah aset tanah dan bangunan, persentase yang sudah dimanfaatkan baru 3 persen dari total aset tanah yang bisa disewakan,” ujarnya.

Djohan juga mewarning jangan sampai ada imej seolah-olah ada pejabat lurah dan camat yang bermain dengan menyewakan tanah atas nama pribadi.

“Maka dari itu kami buat perjanjian yang berisikan penjelasan di setiap poin-poinya sesuai kegunaan,” terangnya.

Dia pun meminta lurah dan camat mendata aset yang masih digunakan masyarakat. Kemudian memberikan sosialisasi hingga dapat dituntaskan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Metro.

“Melalui perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mewujudkan pembangunan di Kota Metro yang semakin maju dan berkembang,” tutup Djohan. (*)

EDITOR: Segan Simanjuntak



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari