logo rilis

Saling Menguatkan, Pasien Hemodialisa Berkumpul di RSUD AY
berita
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani menggelar silaturahmi dengan paguyuban pasien hemodialisa. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Haris Riyanto
RILIS.ID, Metro – Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani (RSUD AY) menggelar silaturahmi dengan paguyuban pasien hemodialisa di rumah sakit tersebut, Minggu (23/2/2020). 

Direktur RSUD AY, dr. Trestyawaty Tondi Nasution SpOG mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pelayanan publik. Di mana silaturahmi ini dilaksanakan agar pasien hemodialisa bisa saling menguatkan satu sama lain. 

"Iya mereka ini kan didampingi keluarga juga. Pasien-pasien yang menjalani cuci darah butuh dukungan dari keluarga, staf RS, dan juga sesama pasien. Karena mereka membutuhkan waktu dan proses cukup panjang dalam perawatannya," kata dia usai kegiatan tersebut. 

Dia menjelaskan, melalui silaturahmi ini, pihak rumah sakit juga memberikan edukasi kepada pasien hemodialisa tentang apa saja yang harus dihindari. 

"Misalnya apa saja makanan yang harus dikonsumsi, yang dihindari dan lainnya. Kita juga ingin memotivasi agar pasien hemodialisa tetap semangat menjalani hidup sehat dan produktif," jelasnya.

Ke depan, lanjut dr. Tres, RSUD AY juga berencana menambah ruangan baru serta mesin hemodialisa. Pasalnya, jumlah pasien hemodialisa di rumah sakit tersebut semakin bertambah. 

"Mudah-mudahan tahun ini ya," harapnya. 

Ia menambahkan, saat ini pasien hemodialisa yang melaksanakan cuci darah rutin di RSUD AY sebanyak 90 orang. Dari jumlah tersebut, 60 persennya merupakan warga Kota Metro. 

"Saat ini kita bagi dua shift ya. Karena kita hanya memiliki 16 mesin. Makanya rencana ke depan kita akan tambah ruangan baru serta mesin," tambahnya. (*)

EDITOR: gueade



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari