logo rilis

Janji Dendi, Perjuangkan Hak Kelola Register 19 Pesawaran
berita
Dendi Ramadhona kampanye tatap muka di Desa Batu Menyan, Teluk Pandan, Rabu (21/10/2020). FOTO: ISTIMEWA
RILIS.ID, Pesawaran – Calon bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, berharap pemanfaatan kawasan hutan register melalui Program Perhutanan Sosial (PPS) akan meningkatkan komoditas perkebunan di kabupaten tersebut.

"Sehingga ke depan tidak adalagi istilah 'Spanyol' (separo nyolong), karena sudah resmi dapat mengelola hasil hutan," ujar Dendi saat kampanye tatap muka di Desa Batu Menyan, Teluk Pandan, Rabu (21/10/2020).

Dendi menilai selama ini hasil perkebunan di Pesawaran cukup melimpah. Seperti coklat, petai, dan durian. Namun, ia tidak memungkiri ada sebagian hasil perkebunan yang ditanam di kawasan hutan register.

Untuk mencegah hal tersebut, Dendi berhasil mengupayakan hak pengelolaan hutan Register 21 kepada masyarakat Desa Bayas melalui PPS seluas 246 hektare (ha).

"Sejak awal kepemimpinan di 2016, saya berjuang untuk menjadikan kawasan Register 21 dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat Pesawaran dengan memberikan hak secara resmi untuk dikelola," jelasnya.

Selain Register 21, Dendi juga memperjuangkan hak pengelolaan Register 19. Namun, ia mengaku masih menemui kendala untuk mengurus izin pengelolaan ke Kementerian Kehutanan.

Menurutnya, kawasan tersebut berada pada wilayah konservasi dan tradisional sehingga perlu perhitungan dan pengukuran lebih lanjut.

"Mudah-mudahan di periode kedua apabila terpilih, saya akan perjuangkan kembali agar Kemenhut memberikan izin resmi mengelola Register 19 kepada kelompok tani hutan Teluk Pandan dan sekitarnya,” tutupnya. (*)

EDITOR: gueade



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari