logo rilis

Dispar Paparkan Agenda LKF 2019: Mulai Trip Krakatau Hingga Parade Budaya
berita
Kadispar Lampung, Qodratul Ikhwan memaparkan agenda LKF 2019. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata
RILIS.ID, Bandarlampung – Dinas Pariwisata (Dispar) Lampung melakukan pemantapan persiapan Lampung Krakatau Festival (LKF) 2019 yang akan diselenggarakan pada 23-25 Agustus 2019. Rapat berlangsung di Hotel Batiqa, Pahoman Bandarampung, Rabu (21/8/2019).

Kadispar Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan bahwa dalam rapat ini dilakukan pemaparan agenda kegiatan.

Pada tanggal 23 Agustus akan dilaksanakan pembukaan LFK 2019 dengan tema "Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwai Jurai" yang dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, serta dihadiri Asisten Deputi Wilayah I Bidang Pengembangan Pemasara I Kementerian Pariwisata, serta Krakatau Expo. 

Selanjutnya, Sabtu (24/8/2019) akan diadakan Trip Krakatau perjalanan wisata bersejarah dan study observasi pengetahuan Gunung Anak Krakatau (GAK) menggunakan Kapal Jatra III. 

Sebanyak 750 peserta yang mengikuti perjalanan ini yang terdiri dari Mahasiswa (160 orang), ASN (290), umum (100 orang), Tamu VIP (120 orang), media, blogger dan vloger (40 orang), serta panitia (40 orang).

"Nantinya perjalanan dilakukan di Darmaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan yang dilepas oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan," ujar Qodratul

Di hari yang sama juga akan dilaksanakan parade permainan anak tradisional bertempat di Lapangan Saburai Bandarlampung yang menampilkan aneka permainan anak tradisional Lampung dan nusantara.

Seperti: Kuda Buta, Upih Ngisut, Gobak Sodor dan Patil Lele dengan tujuan untuk melestarikan dan lebih mengenalkan khususnya kepada anak-anak usia sekolah tentang aneka permaian anak yang saat ini sudah sangat jarang dilakukan sebagai media sosialisasi anak-anak ditengah kemajuan teknologi dan media sosial. 

"Kegiatan ini melibatkan peserta dari anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kota Bandarlampung," terangnya.

Lanjut dia, pada 25 Agustus dilaksanakan parade budaya culture dan tapis carnival pukul 13.20 Wib yang menampilkan keragaman, kemegahan dan kekayaan budaya daerah dalam bentuk parade budaya Lampung dan nusantara, serta penampilan parade busana fantasi bermotif ragam hias khas Lampung.

Parade ini diikuti oleh Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta, serta pemerintah Kabupaten/Kota, Komunitas dan pelajar di Provinsi Lampung, dengan berbasis budaya dan kreatifitas lokal Lampung yang dikemas menjadi suatu seni pertunjukan yang menarik," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar, Arief Nugroho menambahkan bahwa Rute parade budaya dimulai dari Lapangan Saburai - Jl. Sriwijaya Jl. Jend. Sudirman Tugu Adipura - JI. A. Yani - Jl. R.A. Kartini - JI. Katamso (Simpur) Jl. Radin Inten JI. Tulang Bawang - JI. Sriwijaya dan kembali ke Lapangan Saburai dengan estimasi jarak sekitar 3,06 km.

"Kegiatan ini nantinya dalam pengamanan dibantu kepolisian, TNI dan Polpp Provinsi Lampung. Sekaligus di ramaikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, serta kepala daerah Walikota dan Bupati se-kabupaten/kota, " tutur dia dengan singkat. (*)

EDITOR: Adi Pranoto



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari