logo rilis

Berbahaya! Gardu Listrik Ini Sering Terendam dan Meledak
berita
Gardu listrik di Dusun 4 Desa Bagelen, Gedongtataan, Pesawaran. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Kiki
RILIS.ID, Pesawaran – Dianggap berbahaya, warga Desa Bagelen meminta pihak PLN mengamankan gardu listrik GT 34 di Dusun 4, Gedongtataan, Pesawaran.

Selain posisinya sangat rendah, sekitar 40 centimeter dari permukaan tanah, gardu dikunci hanya menggunakan kabel kawat.

"Apalagi ada sekolah madrasah, takutnya anak sekolah, kadang dilemparin atau dibuka. Lihat saja kabelnya, besar bener," ujar Agus, warga Dusun 4 yang rumahnya berdekatan dengan gardu listrik, Selasa (25/2/2020).

Terlebih saat ini musim hujan di mana daerah sekitar gardu listrik sering tergenang. Padahal, air dapat menjadi penghantar listrik.

"Saya nggak takut airnya, tapi listriknya, Mas. Gardu ini sering terendam. Jika tidak percaya boleh di cek, banyak lumpur di gardunya," terangnya.

Bersama warga lainnya, Agus mengaku pernah meminta kepada petugas PLN menaikkan posisi gardu listrik yang menjadi satu dengan pagar rumahnya.

”Kalau ke kantor PLN sih belum. Tapi kami sudah sampaikan ke petugas yang sering mengontrol. Katanya iya. Tapi hingga sekarang belum ada tindakan," tandasnya.

Warga lain, Dwi, menuturkan antara kamar tidurnya dengan gardu listrik berdekatan. Jika terjadi banjir dirinya sangat was-was tersengat listrik.

”Sering kok gardu ini meledak, ngeluarin api, sering rusak. Nah pas ngeluarin percikan api itu yang membuat saya takut," pungkasnya. (*)

EDITOR: gueade



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Rubrik



Terkini

  • icon
    Dapatkan berita terkini setiap hari